Consumer Behavior Class
Tuesday Afternoon
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Tuesday Afternoon
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Lecturer : Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
http://www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Dengan motivasi, maka manusia akan sendirinya berusaha memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan dibagi-bagi menjadi Biogenic needs, Psychogenic needs,dan Utilitarian needs.
Menurut Maslow, suatu kebutuhan harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.
Lima (5) kebutuhan dasar Maslow - disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial :
1. Kebutuhan Fisiologis (Physiological)
Contohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.
2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan (Safety)
Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.
3. Kebutuhan Sosial (Social needs)
Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.
4. Kebutuhan Penghargaan (Esteem needs)
Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri (Self actualization)
Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.
Sedangkan untuk perilaku membeli, dan kebutuhan ada 4 yaitu:
1. Needs for Achievement
2. Needs for Affiliation
3. Needs for Power
4. Needs for Uniqueness
No comments:
Post a Comment